Puluhan Rumah Warga di Pesisir Semarang Kembali Diterjang Gelombang Tinggi, Lima Keluarga Terpaksa Mengungsi

Avatar photo

SEMARANG – Puluhan rumah warga RT 1 RW 15 Kampung Tambaklorok, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) rusak akibat gelombang tinggi yang terjadi pada Rabu (25/1) sekitar pukul 23.30 WIB. Ketua RW 15 Tambaklorok, Slamet Riyadi mengatakan, lebih dari 20 rumah rusak akibat gelombang tinggi di Pesisir Kota Semarang itu.

“Rata terdampak semua. Lebih dari 20 rumah yang rusak jika sama yang kemarin dan tadi malam,” jelasnya, Kamis (26/1/2023).

Dia menjelaskan, sebagian rumah yang terdampak sudah tak bisa ditempati lagi. Hal itu membuat beberapa warga mengungsi ke tempat yang aman.

“Ada yang sudah tak bisa ditempati, terus ada juga yang sampai pintu rumahnya jebol,” kata dia.

Menurutnya, gelombang tinggi yang datang semalam berbeda dengan gelombang tinggi sebelumnya yang disertai dengan angin kencang.

“Kalau tadi malam tak ada angin kencang tiba-tiba gelombang tinggi,” ujarnya.

Sampai saat ini, ada lima keluarga yang mengungsi. Awalnya, Slamet meminta warga mengungsi di balai masyarakat namun warga enggan.

“Akhirnya mereka ada yang tidur di teras warga,” imbuh Slamet.

Untuk ketinggian gelombang laut semalam sekitar 3 sampai 3,5 meter. Dia sedang melakukan koordinasi dengan kelurahan agar segera ada bantuan.

“Untuk jangka pendeknya kita minta dibantu membangun rumah warga yang terdampak. Kalau jangka panjang ya sabuk pantai,” imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

#Polda Jateng, #Jateng, #Jawa Tengah, #Humas Polri, #Polrestabes Semarang, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Banjarnegara, #Polres Semarang, #Polres Pangandaran, #Polres Mempawah, #Polres Batang, #Pemkab Banjarnegara, #Kabupaten Banjarnegara, #Banjarnegara, #Polda Jateng, #Polda Kalbar, #Hendri Yulianto, #Budi Adhy Buono, #Irwan Anwar, #Dandy Ario Yustiawan, #Kapolres Sintang, #AKBP Tommy Ferdian