Berita  

2000 Personel Polrestabes Semarang Diterjunkan untuk Amankan Nataru

Avatar photo

SEMARANG – Polda jateng memprediksi 13 juta pemudik akan datang ke Jawa Tengah saat libur panjang Natal dan Tahun baru tahun ini.

Sementara itu, Polrestabes Semarang sudah siap melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru agar tidak terjadi gejolak.

“Pengamanan nataru bukan sekali saja, kita sudah pengalaman dalam melakukan pengamanan di saat seperti ini,” ujar Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar saat ditemui pada Rabu (20/12/2023).

Kombes Irwan mengatakan pihgaknya akan meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menerjunkan pasukan teknis agar mampu menjalankan program pengamanan ini.

“Besok kita akan menerjunkan pekerja teknis yang akan melibatkan stakeholder terkait yang ada di Kota Semarang untuk mempersiapkan diri melakukan pengamanan dalam rangka nataru,” terangnya.

Irwan mengatakan pihaknya berfokus pada aktifitas sosial masyarakat seperti di lalu lintas, tempat ibadah dan tempat wisata.

“Fokusnya adalah aktifitas masyarakat misalnya bidang lalu lintas untuk mengamankan jalur told an rest area. Kemudian pengamanan di objek-objek vital seperti misalnya tempat ibadah dan tempat wisata,” tuturnya.

Untuk personel, Komes Irwan sudah menyiapkan kurang lebih 2000 personel yang terdiri dari Polrestabes, TNI, Dishub, dan Satpol PP.

Ditanya mengenai gangguan keamanan yang terjadi di Kota Semarang, Kombes Irwan mengatakan belum ada gangguan serius.

“Untuk gangguan keamanan Alhamdulillah sejauh ini tidak ada ya. Tapi kita selalu waspada dengan menyiap-siagakan pasukan. Namun sejauh ini saya nilai Kota Semarang sangat aman,“ tuturnya.

Selain itu, pada pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini, ada beberapa ruas jalan uatama yang belum menyelesaikan perbaikan seperti contohnya ruas Jalan Walisongo.

“Untuk jalan-jalan utama yang dilakukan perbaikan seperti di Jalan Walisongo itu secara teknis sudah dibicarakan di tingkat provinsi. Penanganan itu akan dilakukan upaya-upaya pengalihan arus, kemudian tutup buka arus agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” jelasnya.

„Namun kondisi di Jalan Walisongo itu memang akan menjadi perhatian khusus. Mudah-mudahan kami bisa maksimal untuk menangani pengamanan nataru ini,“ tutupnya.

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto