Mantan Kades Diamankan Polda Jateng Diduga Terlibat TPPO

Avatar photo

MAGELANG, Jateng – Direskrimum Polda Jateng mengamankan seorang mantan kepala desa di Magelang, Jateng yang diduga terlibat dalam tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dengan mengirimkan pekerja ke luar negeri.

Yang bersangkutan berinisial SD (57) ditangkap saat kabur ke Bali.

Dirreskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Johanson R Simamora menjelaskan tersangka berinisal SD merupakan  mantan Kepala Desa (Kades) di daerah Magelang.

“Yang bersangkutan pernah menjabat sebagai kepala desa di Magelang,” ujar Kombes Pol Johanson R Simamora.

Penangkapan terhadap SD di lakukan Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah setelah adanya laporan dari korban.

“Karena sudah ada korban yang melapor, kita lakukan pengejaran, ternyata yang bersangkutan melarikan diri ke Bali. Dan anggota kita berangkat ke Bali,” tuturnya.

Tim satgas TPPO yang mendapatkan info yang berangkutan berada di bali langsung melakukan pengejaran. Saat dilakukan penangkapan SD akan melarikan diri ke Jakarta.

“Sesampainya di Bali tim satgas TPPO, berhasil mengamankan dan yang bersangkutan mau melarikan diri lagi ke Jakarta,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap SD diketahui pelariannya ke bali dilakukan setelah mendapatkan perintah dari seseorang yang merupakan anggota jaringan nya untuk menghindar dari kejaran Polisi.

“Sekilas dia mengatakan disuruh seseorang melarikan diri. Dua-tiga bulan kalau situasi tenang suruh balik,” tuturnya.

Dari penyelidikan petugas, yang bersangkutan sebagai penghubung dengan jaringan Malaysia dan merekut orang di didaerahnya untuk diberangkatkan ke Malaysia seara illegal.  Saat ini Polisi masih mendalami otak dari jaringan perekrut tenaga kerja illegal, termasuk perantara yang terlibat di dalam jaringan tersebut.

sumber: sindonews

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Pati, Polres Batang, Polres Humbahas, Polda Sumut, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, AKBP Hary Ardianto, Polres Banjarnegara, Pemkab Banjarnegara, Polres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono