Hadapi Arus Mudik Lebaran, Polda Jateng Siapkan Strategi Ini

Avatar photo

SEMARANG, Jateng – Hari kedua one way berdasarkan pantauan Polda Jawa Tengah terjadi peningkatan volume kendaraan yang biasanya dalam satu jam bisa mencapai 1700 hingga 2000 kali ini meningkat ke angka 3000.

Dapat diartikan bahwa hari ini kemungkinan menjadi puncak arus mudik di Jawa Tengah diperkirakan hingga malam nanti.

Polda Jawa Tengah dalam mengantisipasi puncak arus mudik lebaran telah memberlakukan oneway secara nasional pada tol Kalikangkung mungkin sekitar 3000 kendaraan dalam waktu satu jam.

Sementara pada hari sebelumnya menurut pemaparan Kombes Pol Agus Suryo Sat Lantas Polda Jateng terhitung ada 46.000 kendaraan dalam satu kali 24 jam.

Polda Jawa Tengah juga memberlakukan contraflow pada exit tol terutama di Krapyak termasuk juga Banyumanik.

“Oneway lokal kita masih fokus pada tol, karena hanya diterapkan pada KM 414 kemudian dari KM 414 kita lanjutkan ke KM 442,” ujar Kombes Pol Agus Suryo ditlantas Polda Jateng.

“Yang paling terpenting saat ini justru mengantisipasi yang masuk ke kota ada yang ke daerah Demak Kudus termasuk juga ke kota Solo, Semarang, Jogja, atau kota-kota lain,” lanjutnya.

Sampai saat ini belum terlihat adanya penumpukan kendaraan di exit tol walaupun terjadi peningkatan kendaraan yang melintasi exit tol Kalikangkung sampai Banyumanik.

Namun Polda Jateng akan terus berupaya untuk mempersiapkan strategi-strategi untuk menghadapi puncak arus mudik ataupun penumpukan kendaraan.

Demi kenyamanan pemudik, Polda Jawa Tengah juga telah mempersiapkan sejumlah posko terpadu dan pos pelayanan serta pengamanan sejumlah 253 yang tersebar termasuk diantaranya di rest area, tempat-tempat wisata hingga di jalur pantura.

Harapan dari Polda Jawa Tengah agar pemudik baik pengguna motor maupun mobil memahami betul mengenai manajemen keselamatan.

Polda Jawa Tengah menghimbau agar pemudik dapat beristirahat di rest area yang telah disediakan atau keluar dari exit tol apabila rest area sudah penuh.

Apabila perlu sopir juga bisa bergantian. Termasuk kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan dengan baik.

Untuk pengendara motor bisa singgah di cek poin yang telah disediakan mulai dari perbatasan Brebes hingga Semarang oleh Polda Jawa Tengah, disana disediakan pemeriksaaan Kesehatan.

Termasuk jika sedang berbuka puasa, Polda Jawa Tengah juga telah mempersiapkan takjil.di sepanjang cek poin yang telah disiapkan

sumber: harianhaluan

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Banjarnegara, Polres Rembang, Kapolres Rembang, Pemkab Rembang, Kabupaten Rembang, Rembang, Polrestabes Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kodya Semarang, Polres Batang, Kabupaten Batang, Pemkab Batang, Batang, Polres Pati, Kabupaten Pati, Pemkab Pati, Pati, Polres Demak, Kabupaten Demak, Pemkab Demak, Demak, Polda Jateng, Jateng, PoldaJawaTengah, JawaTengah, Polri, Polisi, Kalbar, Polda Kalbar, KalimantanBarat, Polres Pangandaran, Pangandaran, OKC 2023, Ops Ketupat Candi 2023, Operasi Ketupat Candi 2023