Hari Kartini, Pemkab Rembang Gelar Lomba Karawitan dan Membatik

Avatar photo

REMBANG, Jateng – Dalam rangka menyemarakkan Hari Kartini 2023, Pemerintah Kabupaten Rembang menggelar berbagai lomba. Di antaranya, lomba karawitan dan membantik, yang menjadi lomba pertama kali digelar, di komplek Museum RA Kartini, Rabu (12/4/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang Mutaqin mengatakan, lomba digelar untuk mengembangkan dan melestarikan karawitan dan membatik. Sebab, RA Kartini pada masanya, sangat menyukai karawitan dan membatik.

“Digelarnya lomba ini tidak untuk menghidupkan, karena karawitan di Rembang tidak pernah mati. Melainkan, tujuannya mengembangkan dan melestarikan. Di samping mengenang jasa beliau (RA Kartini), yang suka membatik, karawitan, mainan anak kecil,” ujarnya.

Disampaikan, salah satu lagu yang dilombakan, yakni gendhing Ginonjing. Gendhing ini sangat disukai oleh RA Kartini.

Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Hasiroh Hafidz menyampaikan, batik tulis Lasem sudah terkenal hingga menembus pasar ekspor. Sehingga, dia minta pihak terkait dapat terus mengembangkan produk kerajinan khas dari Lasem ini. Salah satunya, dengan melestarikan kemampuan membatik sejak dini.

“Untuk itulah digelar lomba membatik di tingkat SMP dan SMA. Karena, jika tidak diajari dari sekarang, tidak cinta, pasti anak- anak tidak mau untuk belajar membatik,” ungkap Hasiroh.

Begitu pun dengan lomba karawitan, lanjutnya, diharapkan dengan lomba tersebut dapat menarik minat dan nguri-nguri seni budaya Jawa. Sebab, jika dilupakan, dikhawatirkan generasi yang akan datang tidak mengenal karawitan.

Sumber: jatengprov.go.id

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Banjarnegara, Polres Rembang, Kapolres Rembang, Pemkab Rembang, Kabupaten Rembang, Rembang, AKBP Hendri Yulianto, Hendri Yulianto, AKBP Dandy Ario Yustiawan, Dandy Ario Yustiawan, Polda Jateng, Jateng, PoldaJawaTengah, JawaTengah, Polri, Polisi, Kalbar, Polda Kalbar, KalimantanBarat, Polda Jabar, Jawa Barat, Polres Pangandaran, Pangandaran