Polres Pangandaran kembali Tertibkan pengendara motor tanpa menggunakan helm

Avatar photo

Pangandaran, Polda Jabar- Polres Pangandaran kembali menertibkan pengendara motor tanpa menggunakan helm, dua ratus lebih pengendara baik warga masyarakan maupun pelajar terjaring di bundaran tugu Marlin Pangandaran, Kamis (26/1).

Nampak hadir Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat, S.H., S.I.K., memimpin langsung razia penertiban penggunaan helm tersebut, ia menekankan siapapun pengendara yang tidak menggunakan helm harus diberikan sanksi.

“sengaja Kita melaksanakan penertiban ini lebih awal bersamaan pada saat masyarakat mulai beraktifitas, sehingga banyak pengendara motor yang terjaring,“ kata Kapolres Pangandaran.

Dari pantauan media, terlihat beberapa pelajar atau anak sekolah yang berkendara tidak menggunakan helm pengaman, dan mereka terjaring penertiban dalam razia tersebut.

“Memang benar, beberapa pelajar ikut terjaring. Mereka berkendara tidak menggunakan helm, ada yang berkendara sendiri maupun dibonceng sama saudaranya dan semua tetap kita amankan terlebih dahulu sampai mereka diantar helemnya oleh orangtuanya dan tentunya hal ini akan membuat pelajar tersebut terlambat sampai disekolahnya. Harapannya pihak sekolah dapat memberikan edukasi kepada para siswanya terkait pemakaian helm untuk keselamatan di jalan raya,” harap Kapolres Pangandaran

Pada hari yang sama, regiatan tazia penertiban helm tersebut berlanjut pada malam harinya. Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat menyampaikan “Bahwa kami sangat ingin masyarakat pangandaran tertib berlalulintas, menggunakan helm saat berkendara dan hal itu untuk menekan Fatalitas pengendara apabila terjadi kecelakaan, dengan menggunakan helm maka akan terlindungi bagian kepala pengendara maupun penumpang”.

AKBP Hidaya juga menyebut ia tidak pernah henti-henti menghimbau pengendara, dengan memakai helm itu penting untuk meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan.

Ia mengumpamakan alasan seorang pengendara motor tidak pakai helm karena ia hanya hendak pergi menggunakan sepeda motor dengan jarak dekat.

“Karena ada masyarakat yang bilang begini ‘Pak cuman deket aja Kok, Masa cuman mau kepasar doang atau antar anak sekolah harus pakai helm segala macam itu’. Kecelakaan dijalan justru bisa terjadi dimana saja, kita tidak tau kapan dan tidak ada kecelakaan itu memang yang sengaja,” ucap Kapolres Pangandaran

Oleh karena itu, setiap pengendara sepeda motor hendaknya, lanjut Hidayat, untuk mempersiapkan sebaik mungkin sebelum keluar rumah menggunakan motor baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Salah satunya menggunakan helm yang terikat dengan baik di kepala dan itu sebagai bentu ikhtiar untuk menghindari kecelakaan dan sudah sepantasnya kita memperhatikan keselamatan diri kita masing – masing, salah satunya patuh untuk selalu menggunakan helm keselamatan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan akan berlanjut jumat pagi di wilayah Parigi dan beberapa wilayah di pangandaran yang sudah dijadwalkan secara acak dan hal ini akan tetap dilakukan sampai pengendara patuh menggunakan helm saat berkendara.

 

#Polda Kalbar, #Polda Kalimantan Barat, #Kapolda Kalbar, #Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, #Kombes Pol Raden Petit Wijaya, #Kabidhumas Polda Kalbar, #Polres Sintang, #Polres Bengkayang, #Polresta Pontianak, #Polres Kubu Raya, #Polres Sambas, #Polres Mempawah, #Polres Melawi, #Polres Kapuas Hulu,#Polres Kayong Utara, #Polres Singkawang, #AKBP Fauzan Sukmawansyah, #Polres Pangandaran, #AKBP Hidayat, #Polda Jateng, #Polda Jawa Tengah, #Jateng, #Jawa Tengah, #Polres Rembang, #Polres Demak, #Polres Banjarnegara, #Polrestabes Semarang, #Polres Pati, #Polres Batang, #Polres Semarang, #Polres Pangandaran, #Kompol Cucu Safiyudin, #Humas Polri, #AKBP Tommy Ferdian