Berita  

Pohon Tumbang di Mandiraja Sempat Tutup Akses Jalan Utama Banjarnegara

Avatar photo

BANJARNEGARA – Akses jalan utama Banjarnegara-Banyumas, sempat tertutup total akibat sebuah pohon besar yang ada di Desa Panggisari, Kecamatan Mandiraja tumbang dan menutup jalan raya pada, Selasa (6/12/2022).

 

Kejadian tersebut bermula saat wilayah Kecamatan Mandiraja Banjarnegara, diterjang hujan angin sejak pukul 12.00 WIB, sekitar pukul 12.30 WIB. Angin kencang menerjang pohon hingga tumbang dan menutup jalan, sehingga akses kendaraan dari dua arah tertutup total.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, sebelum kejadian, hujan deras disertai angin kencang terjadi begitu singkat. Tak lama berselang, angin menerjang pohon dan sejumlah atap tobong bata yang ada di sekitar lokasi.

“Tadi tiba-tiba hujan dan angin kencang, pohon itu sempat bergoyang dan tumbang melintang jalan. Untung saat kejadian, tidak ada kendaraan yang lewat,” kata Waris, warga setempat yang saat kejadian sedang berteduh di tobong bata.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto melalui Kapolsek Mandiraja AKP Darianto. Meski tidak ada korban jiwa, akibat pohon yang melintang tersebut membuat arus lalu lintas tertutup total.

Petugas dari Polsek Mandiraja, Koramil, dan sejumlah relawan dibantu masyarakat, melakukan pemangkasan pohon tumbang agar jalan bisa kembali dilalui.

“Evakuasi sempat tersendat, karena pohon melintang dan hujan masih terjadi. Setelah sekitar 2 jam, jalan kembali dibuka dan akses kembali normal,” katanya.

Dari kejadian ini, dia meminta warga masyarakat yang sedang melintas di sejumlah titik rawan untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat, saat ini cuaca ekstrem masih terjadi di Banjarnegara.