Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Banyumas, Kapolresta dan Ketua DPRD Beri Pesan

Avatar photo

BANYUMAS – Pemkab Banyumas menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di halaman Pendapa Si Panji Purwokerto, Selasa 1 Oktober 2024.

Upacara ini dipimpin oleh Kapolresta Banyumas Kombes Pol Ari Wibowo dan dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri, ASN, Ormas, pelajar, pramuka dan tokoh masyarakat.

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Ketua DPRD Banyumas Subagyo memimpin pembacaan ikrar kesetiaan kepada Pancasila.

Saat membacakaan teks ikrar yang ditandatangani Ketua DPR RI Puan Maharani, Subagyo menegaskan komitmen seluruh elemen masyarakat untuk tetap setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara dan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia menyampaikan, sejak kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, Pancasila telah menghadapi berbagai rongrongan dari pihak-pihak yang ingin menggantikan ideologi bangsa tersebut.

”Sejak diproklamasikan kemerdekaan, kenyataannya Pancasila telah menghadapi berbagai ancaman dari dalam maupun luar negeri. Hal ini dimungkinkan karena kelengahan dan kurangnya kewaspadaan kita sebagai bangsa terhadap upaya-upaya yang ingin menumbangkan Pancasila,” terang dia.

Namun, dengan semangat kebersamaan dan dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila, bangsa Indonesia tetap mampu memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Subagyo juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadikan Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

”Kita bertekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan untuk menggalang kebersamaan, memperjuangkan kebenaran, dan menegakkan keadilan demi keutuhan NKRI,” tandas dia.

sumber: suaramerdeka

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai