Kopi Osing Polresta Banyuwangi Diganjar Penghargaan Kapolda Jatim atas Inovasi Uniknya

Avatar photo

Banyuwangi – Berbagai inovasi yang digagas Polresta Banyuwangi kerap mendapatkan apresiasi. Salah satunya inovasi Kopi Osing (konseling psikologi), yang digagas Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Banyuwangi.

Inovasi ini memberikan layanan penanganan kasus kekerasan anak dan perempuan yang tidak hanya konseling, tetapi juga pendampingan hukum bagi korban. Salah satu yang pernah ditangani adalah memberikan pendampingan pada kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang sempat viral dan menjadi atensi publik di Banyuwangi.

Dalam kasus ini, Polresta Banyuwangi tegak lurus memberikan pendampingan hukum dan konseling kepada ibu dan anak korban. Hingga korban berhasil melewati fase sulit dalam penyelesaian kasus tersebut.

Penghargaan sedianya diberikan langsung kepada Kapolresta Banyuwangi Kombespol Nanang Haryono, yang telah menggerakkan jajarannya dalam penyelesaian kasus atensi publik tersebut. Namun, penerimaan penghargaan prestisius tersebut diserahkan Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto diwakilkan kepada Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Dharmawan, Selasa (1/10/2024).

“Selamat dan terus berinovasi kepada Polresta Banyuwangi dan jajaran,” tegas Irjen Imam kepada penerima penghargaan.

Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kapolda Jatim kepada anggota Polresta Banyuwangi dalam capaian kinerja.

“Penghargaan ini berkat kinerja anggota yang telah berhasil mengungkap kasus KDRT viral, serta kinerja lainnya yang telah dibuat Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Banyuwangi dalam Kopi Osing,” ujarnya.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras yang telah ditunjukkan anggota dalam menjalankan tugas. Semoga ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” tambah Dewa Putu.

Sejumlah penghargaan lainnya juga diberikan kepada perwira dan bintara yang berprestasi dalam berbagai bidang, termasuk pengungkapan kasus KDRT, serta inovasi dalam pelaksanaan tugas kepolisian. Di antara penerima penghargaan, ada Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi Kompol Andrew Vega yang mengungkap kasus KDRT viral tersebut.

“Kerja keras dan dedikasi yang ditunjukkan anggota Polresta Banyuwangi sangat berarti bagi terciptanya suasana yang aman dan kondusif di daerah kita. Semoga prestasi ini terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi kita semua,” pungkasnya.

sumber: detikjatim

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono