Evakuasi Dramatis Pendaki Asal Sukoharjo Terpeleset di Kawah Gunung Lawu

Avatar photo

Karanganyar – Seorang pendaki Hikmal Ramadhan (17) asal Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, terpeleset ke kawah Gunung Lawu, Karanganyar. ABG itu pun terpaksa dievakuasi tim SAR dari area kawah Gunung Lawu.
Komandan Markas SAR Karanganyar, Arif Sukro Yunianto, mengatakan Hikmal mendaki bersama dua orang temannya pada Jumat (30/8/2024). Namun sekitar pukul 15.00 WIB, petugas Basecamp Cemoro Kandang menerima laporan jika korban terpeleset hingga mengalami cedera.

“Survivor bersama dua orang temannya melakukan pendakian ke arah Kawah (Candradimuka) Gunung Lawu. Saat menaiki jalur tali, survivor terpeleset hingga mengakibatkan cedera kaki,” kata Arif dalam keterangannya, Sabtu (31/8/2024).

Akibat cedera itu, Hikmal tidak bisa melanjutkan perjalanan. Salah seorang temannya lalu turun untuk melaporkan ke petugas yang ada di basecamp Cemoro Kandang.

Operasi penjemputan korban dibuka pada malam harinya. Empat Sru diberangkatkan untuk menjemput Hikmal.

“Evakuasi survivor dengan cara ditandu,” ucapnya.

Pada pukul 20.00 WIB, korban dinaikkan ke Pos 2. Korban kemudian ditandu turun oleh tim SAR gabungan, dan tiba di pos Cemoro Kandang pada pukul 22.50 WIB.

Setelah itu, operasiSAR ditutup pada pukul 23.10 WIB. Arif menyebut kondisi pendaki itu cukup baik.

“Kondisinya bagus secara fisik, tapi tidak bisa jalan karena kakinya keseleo. Sesampainya di Pos Cemoro Kandang, dia kemudian pulang dibonceng oleh temannya menggunakan motor,” tutur Arif.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo