Polres Jepara Galakkan Satkamling untuk Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada 2024

Avatar photo

Jepara – Polres Jepara | Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menegaskan bahwa satuan keamanan lingkungan (Satkamling) merupakan garda terdepan di setiap lingkungan, baik rukun tetangga, rukun warga, desa maupun kelurahan.

Hal itu disampaikan Kapolres Jepara saat menghadiri kegiatan Gebyar Satkamling di Pos Kamling Ngemplak Asri Desa Slagi, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jumat (30/8/2024) malam.

Turut hadir pejabat utama Polres Jepara, Forkopimcam Pakis Aji, Petinggi beserta perangkat, Tomas, Toga dan Toda, hingga masyarakat desa setempat.

Diketahui, Gebyar Satkamling sendiri merupakan salah satu program unggulan Ditbinmas Polda Jawa Tengah.

Terobosan atau program tersebut merupakan implementasi dari Commander Wish Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang bertujuan untuk menjaga kepercayaan masayarakat terhadap kredibilitas Polri untuk mendukung Indonesia Emas 2045.

Di sisi lain, program Gebyar Satkamling ini turut andil dalam upaya menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang Pilkada 2024.

Mengawali sambutannya, Kapolres Jepara menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang juga turut membantu dan mendukung terselenggaranya kegiatan peluncuran program unggulan Ditbinmas Polda Jateng ‘Gebyar Satkamling’ tahun 2024.

Selain itu, AKBP Wahyu juga mengatakan, bahwasanya Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT atau RW pada kelurahan atau desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena awak Satkamling, baik ketua, maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat, dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan, serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama,” jelasnya.

Selanjutnya, Abituren Akpol 2003 ini juga berpesan kepada rekan-rekan Satkamling untuk terus melakukan perbaikan dan meningkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling.

Untuk itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan operasional kemampuan teknis dan taktis di lapangan, sehingga penyelenggaraan Satkamling dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara Kamtibmas, mulai dari lingkungan sendiri. Saya berpesan kepada rekan-rekan awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan, bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil, yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat,” tandasnya.

Lebih lanjut, AKBP Wahyu menuturkan, bahwa pada saat ini, satkamling mempunyai peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih akan menghadapi agenda Pilkada serentak tahun 2024.

Oleh karena itu, ia berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing.

“Dengan ini, diharapkan keamanan dan ketertiban di masyarakat meningkat. Hal ini merupakan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan kondusifitas, sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan aman, damai dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kasatkampling Ngemplak Asri, Akrom Akhsani berharap pos Satkamling ini digunakan untuk menjaga keamanan wilayah.

“Pos ini tidak hanya menjadi gudang, tetapi digunakan bersama oleh warga, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk menjaga keamanan,” terangnya.

Satkamling ini diharapkan bisa menjadi pusat sinergi bagi semua pihak yang terlibat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Polres Jepara, Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pemkab Jepara, Kabupaten Jepara, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Jepara, Polisi Jepara, Wahyu Nugroho, Artanto, Ribut Hari Wibowo