Operasi Mantap Praja Candi: 1.708 Personil Diturunkan untuk Amankan Pilkada Banyumas

Avatar photo

Banyumas – Polresta Banyumas menggelar upacara Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025 di alun-alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat (23/8/2024). Sebanyak 1.708 personil TNI Polri dan unsur terkait dikerahkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Banyumas.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Ari Wibowo mengatakan kegiatan gelar pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024, sebagai wujud pemeriksaan terakhir personil yang terlibat. Termasuk pemeriksaan sarana prasarana yang digunakan dalam rangka kegiatan Pilkada 2024.

Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi, 1.708 Personil Siap Amankan Pilkada 2024 di Banyumas. Foto: Arbi Anugrah

“Jumlah personil pengamanan yang terlibat, kurang lebih 1.708 dari unsur Polri itu sekitar 995, TNI sekitar 400 dan pendukung lainnya yang terlibat,” kata Kombes Pol Ari Wibowo usai upacara gelar pasukan di Alun-alun Purwokerto, Jumat (23/8/2024).

Menurut dia, pihaknya juga telah melakukan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral untuk menyamakan persepsi. Diantaranya seperti langkah cara bertindak dalam rangka pola pola pengamanan yang akan dilakukan pada setiap tahapan Pilkada.

Ia juga menyampaikan, berdasarkan data pemilu, setidaknya di Kabupaten Banyumas terdapat sekitar 1,3 juta daftar pemilih tetap (DPT) dengan jumlah TPS sebanyak 2.646 TPS reguler dan 4 TPS khusus. TPS khusus ini yaitu 1 panti jompo dengan 3 rumah tahanan.

sumber: inews

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo