Antisipasi Kisruh Pilkada, Polres Banjarnegara Gelar Simulasi Sispamkota

Avatar photo

BANJARNEGARA – Kerawanan konflik bisa saja terjadi saat gelaran pesta demokrasi seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Untuk itu sebagai tindakan antisipasi, Polres Banjarnegara menggelar latihan bertajuk simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2024. Simulasi berlangsung di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Rabu (21/8/2024).

Berbagai simulasi dilakukan oleh personel Polres Banjarnegara dalam menghadapi situasi hijau, kuning, sampai merah.

Simulasi diawali ada satu paslon yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara dan meminta agar dilaksanakan pemungutan suara ulang dan mengancam akan mengerahkan massa ke KPU Banjarnegara.

Massa lalu menuju KPU dengan pengawalan Kepolisian, kemudian pengamanan unjuk rasa di depan Kantor KPU hingga penanganan aksi unjuk rasa anarkis, dengan menerjunkan peleton dalmas, regu satwa.

Lalu dilanjut penggelaran security barrier, pendorongan massa, penangkapan terhadap provokator, tim kesehatan melakukan tindakan pertolongan korban unras, penembakan gas air mata, penyemprotan water cannon untuk pembubaran massa dan kegiatan lain sesuai SOP.

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, SH, SIK, MH mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka meningkatkan keterampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personel saat bertugas. Selain itu, mengantisipasi kerawanan kamtibmas yang mungkin terjadi, saat Pilkada Serentak 2024 di wilayah Banjarnegara.

“Kita tidak berharap yang disimulasikan terjadi akan tetapi apabila yang disimulasikan terjadi kita siap,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, pelatihan ini mengandung maksud melakukan pengecekan sarana prasarana serta mensimulasikan kondisi-kondisi yang mungkin saja terjadi di Wilayah hukum Polres Banjarnegara.

“Simulasi sispamkota dilakukan untuk menghadapi gelaran pilkada 2024 dan merupakan gambaran kesiapsiagaan Polri untuk mengamankan pilkada di wilayah Banjarnegara,” katanya.

sumber: serayunews

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo