Polda Jateng Bentuk Pasukan Reaksi Cepat dan Intensifkan Pengawasan Medsos Jelang Pilkada 2024

Avatar photo

SEMARANG – Menyusul dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada akhir Agustus, Polda Jawa Tengah telah melakukan serangkaian persiapan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah akan dimulai pada 27-29 Agustus 2024.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Artanto, menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan meliputi latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) serta pemetaan daerah rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Selain itu, pelatihan khusus bagi personel pengawal pribadi (Walpri) untuk calon kandidat kepala daerah juga telah dilaksanakan.

Operasi Mantap Praja dan Patroli Siber
“Rangkaian kegiatan ini sudah masuk dalam Operasi Mantap Praja,” ujar Artanto pada Rabu (21/8/2024).

Selain personel yang bertugas di lapangan, Polda Jawa Tengah juga menyiapkan Tim Siber yang akan berfokus pada dugaan pelanggaran pidana di dunia maya.

Tim ini akan melakukan patroli siber dan bertindak sebagai virtual police dengan memberikan teguran terhadap konten-konten yang berpotensi melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), seperti konten berbau SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).

Menurut Kombes Artanto, pengawasan ketat di media sosial diperlukan karena potensi pelanggaran dapat terjadi dari berbagai kelompok, termasuk para kontestan, kelompok partisan, maupun masyarakat umum.

“Kami awasi semuanya dengan tindakan teguran represif yang didahulukan,” tambahnya.

Cooling System untuk Menjaga Stabilitas
Untuk menjaga stabilitas dan mencegah potensi konflik, Polda Jawa Tengah juga akan menerapkan cooling system (sistem pendinginan) melalui manajemen media.

“Kami berharap ini bisa menjadi upaya untuk menjaga ketenangan di masyarakat selama Pilkada 2024,” ungkap Artanto.

Pasukan Reaksi Cepat Disiagakan

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, sebelumnya telah mengunjungi Mako Brimob Srondol di Kota Semarang pada Jumat (16/8/2024) lalu.

Dalam kunjungannya, Kapolda memberikan instruksi terkait persiapan pengamanan Pilkada 2024 kepada pasukan reaksi cepat “Power On Hand.”

“Sebentar lagi kita memasuki Pilkada, tugas rekan-rekan tidak mudah. Saya minta betul-betul disiapkan melalui berbagai skenario menghadapi Pilkada,” tegas Kapolda.

Ia menekankan pentingnya kompetensi dan keahlian seluruh personel Brimob untuk menghadapi berbagai potensi ancaman yang mungkin terjadi.

“Jaga netralitas dalam Pilkada serta tetap jaga soliditas internal. Jalin sinergitas dengan stakeholder terkait serta kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan di Jawa Tengah,” pungkas Kapolda.

sumber: TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo