QRIS dan Paket Sembako Rp79, Hadiah Spesial untuk Keluarga Brimob Polda Jateng

Avatar photo

SEMARANG – KPwBI Provinsi Jateng bekerja sama dengan Korps Brimob Polda Jateng menyelenggarakan Program Bank Indonesia Mengajar (BI Mengajar).

Kegiatan yang berlangsung di Markas Brimob Srondol bertajuk “Edukasi Penggunaan QRIS dan Keamanan Transaksi Non Tunai” ini dilaksanakan dalam rangka Pekan QRIS Nasional dan HUT BI ke-71 dan HUT RI ke-79.

Kegiatan Bank Indonesia Mengajar dibuka oleh Komandan Satuan Brimob Polda Jateng, Kombes Pol Noor Hudaya, S.I.K, M.Han dan diikuti oleh 400 anggota Brimob Jateng beserta para Ibu Bhayangkari.

Hadir sebagai narasumber Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra dan Plt. Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, serta dimoderatori oleh Deputi Direktur KPwBI Jateng Dedy Irianto.

“Bank Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan sistem pembayaran yang CeMuMuAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Andal) dan kami bersinergi dengan perbankan di wilayah Jawa Tengah untuk meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat, salah satunya dengan menyediakan alternatif pembayaran menggunaran QRIS,” ujar Rahmat.

Beberapa tips aman bertansaksi digital antara lain menjaga kerahasiaan data pribadi, waspada saat bertransaksi digital, serta jangan ragu untuk mengadu ke penyelenggara sistem pembayaran apabila terdapat permasalahan.

Masyarakat juga perlu menyimpan kontak pengaduan dari penyelenggara SP agar tidak rentan terhadap kejahatan siber.

BI menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mencari informasi mengenai produk dan jasa sistem pembayaran yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Irianto menyampaikan bahwa dalam bertansaksi digital, hendaknya masyarakat tetap berhati-hati terhadap berbagai risiko peretasan yang marak terjadi dengan cara menggunakan kombinasi angka dan huruf untuk kata sandi, serta menggantinya secara periodik.

“Perlu diingat bahwa kata sandi sifatnya rahasia, sehingga sangat tidak disarankan untuk menyimpaannya di hp/dompet, atau memberitahukannya pada orang terdekat,” imbuhnya.

Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan hp atau kartu debit/kredit segera laporkan pada bank penyedia untuk dilakukan pemblokiran.

Pada kesempatan kali ini, anggota Korps Brimob berkesempatan untuk melakukan user experience menggunakan QRIS dengan pembelian paket sembako senilai Rp81.500 hanya dengan membayar Rp79.

User experience ini merupakan kolaborasi Bank Indonesia bersama, BRI, dan Bank Jateng, melalui penyediaan 500 paket sembako

Sumber : www.suaramerdeka.com

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Polisi Kota Besar Semarang, Artanto, Ribut Hari Wibowo