Alun-alun Sukoharjo Dipenuhi Flashmob 1.000 Bendera dalam Peringatan HUT ke-79 RI

Avatar photo

SUKOHARJO–Upacara bendera peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo berlangsung meriah, Sabtu (17/8/2024). Para peserta memakai baju adat dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia digelar pukul 09.00 WIB.

Upacara diikuti unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sukoharjo, anggota DPRD Sukoharjo, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Sukoharjo, organisasi kemasyarakatan (ormas) dan perwakilan elemen pemuda di Sukoharjo.

Upacara itu juga disaksikan ribuan masyarakat yang mengelilingi Alun-alun.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menjadi inspektur upacara (Irup) upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia. Bupati Etik juga membacakan sambutan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana.

Tema yang diangkat dalam peringatan Kemerdekaan Indonesia adalah Nusantara Maju Indonesia Maju. “Pembangunan di Jawa Tengah terus berjalan dengan capaian positif dan tumbuh dengan baik,” kata Etik, Sabtu.

Dalam sambutanya, Bupati Etik memaparkan beragam capaian kinerja di Jawa Tengah mulai dari pertumbuhan perekonomian, angka pengangguran terbuka hingga kemiskinan.

Pertumbuhan ekonomi daerah terus meningkat dengan ditopang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai motor penggerak. Selain itu, angka pengangguran dan angka kemiskinan di Jawa Tengah mengalami penurunan.

Pada 27 November, masyarakat akan menyongsong pesta demokrasi yang digelar serentak. Masyarakat diajak untuk menyukseskan pilkada serentak.

Tingkat partisipasi pemilih di Jawa Tengah pada Pemilu 2024 cukup tinggi, yakni 82,5 persen. “Angka ini melebihi target nasional sekitar 79,5 persen. Salah satu indikator sukses pemilu adalah tingginya partisipasi masyarakat,” ujar dia.

Di akhir upacara bendera, warga disuguhi aksi flasmob 1.000 bendera. Atraksi flasmob itu diikuti unsur Forkopimda Sukoharjo, pejabat di Pemkab Sukoharjo, anggota ormas kepemudaan hingga kalangan anak-anak. Mereka masing-masing membawa satu bendera Merah Putih yang dikibarkan di tengah alun-alun.

Atraksi flasmob kian meriah dengan diiringi tari Maumere. Meski disengat terik matahari, mereka tetap menari sambil mengibarkan bendera dengan kompak mengikuti pengarah gaya yang berada di panggung.

“Flasmob bendera ini menambah rasa cinta terhadap Tanah Air. Sebagai generasi muda, momentum Kemerdekaan Indonesia diisi dengan kegiatan-kegiatan positif guna mewujudkan Indonesia Emas,” kata seorang remaja asal Kelurahan Gayam, Ihsan.

sumber: solopos

 

Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo Sigit, AKBP Sigit, Kabupaten Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Sukoharjo, Polisi Sukoharjo, Artanto, Ribut Hari Wibowo