Berita  

Semangat Nasionalisme: Polres Lamandau Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-79

Avatar photo

Lamandau – Polres Lamandau Jajaran Polda Kalimantan Tengah(Kalteng)Peringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Polres lamandau menggelar upacara bendera di halaman Mapolres, Sabtu (17/08/2024).

Kemerdekaan Republik Indonesia di Proklamasikan bertepatan pada tanggal 17 Agustus 1945,Bangsa indonesia menyatakan kemerdekaannya atas para penjajah yang ingin merebut dan menguasai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk mengenang para pejuang yang telah mendahului dan yang sudah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk bangsa ini,maka masyarakat indonesia selalu merayakan hari proklamasi dan sebagai bentuk syukur kepada semua yang telah rela berkorban dan akhirnya kini para generasi bangsa dapat merasakan kemerdekaan dan bebas dari para penjajah.

Untuk mengenang semua itu,setiap tanggal 17 agustus pemerintahan baik pusat hingga di daerah selalu melaksanakan Upacara Bendera dengan mengibarkan bendera pusaka.

Begitu juga dengan institusi Polri seperti yang sedang dilaksanakan oleh Polres Lamandau jajaran Polda Kalteng.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres lamandau AKBP Bronto Budiyono S.I.K, dan dihadiri juga oleh Para PJU, Bintara dan ASN Polres lamandau melaksanakan Upacara Bendera dan mengheningkan Cipta.

Dalam sambutannya Kapolres Lamandau mengatakan Thema HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 Ini yakni”Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan dan berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat dengan berlandaskan prinsip nilai-nilai semangat perjuangan para pahlawan yang telah berjasa untuk negara Republik Indonesia.

Momentum hari kemerdekaan, dapat menjadi motivasi bagi personel Polres lamandau lebih presisi dalam menjalankan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Bangsa Indonesia merupakan Bangsa yang sangat besar dan kekayaan alamnya yang sangat banyak dititipkan oleh para pendahulu yang telah gugur dimedan perang dengan mengandalkan senjata seadanya yaitu Bambu Runcing.

Dalam kesempatan di HUT RI Ke-79 ini,Kapolres lamandau juga menyampaikan pesan kepada para personelnya agar benar-benar menjaga keutuhan bangsa dan negara dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

Lebih ditingkatkan lagi semangat juang seperti yang dilakukan para pendahulu yang telah mewariskan kemerdekaan dan telah menitipkan bangsa ini kepada kita.

 

Polres Lamandau, Kapolres Lamandau, AKBP Bronto Budiyono, Kabupaten Lamandau, Pemkab Lamandau, Lamandau, Kepolisian Resor Lamandau, Polisi Lamandau, Bronto Budiyono