Nusantara Cooling System Bantu Polda Jatim Petakan Potensi Kerawanan Pilkada

Avatar photo

Banyuwangi – Nusantara Cooling System (NCS) atau sistem pendinginan jelang Pilkada 2024 ditingkatkan. Untuk memastikan kesiapan tersebut, Polda Jatim menggelar rapat kesiapan NCS di gedung Mahameru, Kamis (8/8/2024).
Dipimpin Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, rapat koordinasi tersebut dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat dari Mabes Polri dan kepala Polrestabes/Polresta/Polres jajaran Polda Jatim.

Dalam arahannya, Kapolda Jatim menyampaikan optimalisasi peran serta bhabinkamtibmas agar lebih diefektifkan dalam menguatkan kerja sama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat

“Keterlibatan Bhabinkamtibmas harus lebih efektif, dukung penguatan kerjasama dengan tokoh agama dan masyarakat,” tegas Irjen Imam, Kamis (8/8/2024).

Sementara Kepala Operasi NCS Polri Irjen Asep Edi Suheri menjelaskan Jawa Timur masuk dalam wilayah dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (RPT) terbanyak ke-2 di Indonesia.

“Pilkada Jawa Timur ini adalah sebagai jumlah DPT terbanyak nomor 2 dan menjadikan konflik yang tinggi,” tegasnya.

Hal tersebut diketahui dari hasil pemetaan melalui indeks kerawanan pilkada. Menurutnya kegiatan NCS difokuskan pada penguatan polda jajaran melalui mekanisme kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono/ Foto: Istimewa (Dok Polresta Banyuwangi)
“Polri sudah melakukan pemetaan melalui indeks potensi kerawanan pilkada sebagai dasar melaksanakan operasi NCS,” tandasnya.

“Dipetakan potensi kerawanan, kerja sama dengan tokoh dan kelompok berpengaruh, lakukan kegiatan positif bersama masyarakat, Amplifikasi dan viralisasi, monitoring dan evaluasi, jaga kepercayaan masyarakat,” tambahnya.

Asep menambahkan, untuk mengoptimalkan sosialisasi NCS akan melibatkan para tokoh adat, agama, ormas keagamaan dan organisasi kepemudaan untuk memperluas pengaruh dari program cooling system.

Kasatgas Preemtif Brigjen M. Rudy Syarifuddin mengajak seluruh masyarakat mendukung pemilukada yang aman dan harmonis.

“Satgas NCS akan mendistribusikan paket sembako sebagai langkah untuk sosialisasi ajakan masyarakat supaya mendukung pemilukada harmonis,” tegasnya.

Sementara Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono akan menindak lanjuti arahan dan berkomitmen menjaga kondusifitas siskamtibmas wilayahnya.

“Sudah jadi perhatian kami, Banyuwangi masuk dalam catatan kabupaten rawan, tentunya akan kami lakukan berbagai upaya Sehingga Pilikada serentak 2024 berlangsung aman dan lancar,” pungkas Nanang.

Sumber : www.detik.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono