Polresta Banyuwangi Bersiap Amankan Pilkada 2024

Avatar photo

BANYUWANGI – Polresta Banyuwangi semakin mantap untuk menciptakan Pilkada 2024 aman dan damai. Hal itu dibuktikan dengan keikutsertaanya dalam acara Nusantara Cooling System (NCS).

Dalam gelaran NCS yang berlangsung di gedung Mahameru Polda Jatim. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto yang dihadiri oleh pejabat Mabes Polri, dan diikuti oleh kepala Polrestabe, Polresta, dan Polres di jajaran Polda Jatim, Kamis (08/08/2024)

Kapolda Jatim menyampaikan, jika peran serta Bhabinkamtibmas dapat lebih efektif, apabila menguatkan kerja sama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Sinergi atau kolaborasi dalam Pilkada serentak 2024 itu dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” kata dia.

Kepala OPS NCS Irjen Pol Asep Edi Suheri turut memberikan arahanya. Dirinya menyampaikan apabila pada Pilkada, Jawa Timur memiliki jumlah DPT terbanyak nomor dua. Hal ini dapat berpotensi tinggi memicu sebuah konflik.

“Polri sudah melakukan pemetaan melalui indeks potensi kerawanan pilkada sebagai dasar melaksanakan operasi NCS,” terang Irjen Pol Asep.

Dalam menghadapi Pilkada 2024, kegiatan NCS difokuskan pada penguatan Polda Jajaran melalui mekanisme Kegiatan Rutin Yang ditingkatkan (KRYD).

NCS juga akan melibatkan para tokoh adat, tokoh agama, ormas keagamaan, tokoh pemuda dan organisasi kepemudaan. Upaya ini dimaksudkan agar dampak dan gaung dari pelaksanaan Cooling System menjadi luas.

“Dipetakan potensi kerawanan, kerja sama dengan tokoh dan kelompok berpengaruh, lakukan kegiatan positif bersama masyarakat, Amplifikasi dan viralisasi, monitoring dan evaluasi, jaga kepercayaan masyarakat,” ujar Irjen Pol Asep.

Sementara sambutan dari Kasatgas Preemtif Brigjen Pol M. Rudy Syarifuddin, ia mengajak masyarakat dalam mendukung pilkada yang aman dan harmonis.

“Satgas NCS juga akan mendistribusikan paket sembako,” tambahnya.

Dalam arahannya, Kasatgas Preventif Brigjen Pol Himawan Bayu Aji meminta untuk memberikan sentimen positif serta apresiasi dari sebagian besar publik dan tokoh terhadap kerja polri. Serta menjaga netralitas polri dalam pelaksanaan tugas.

Sementara Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono akan menindaklanjuti arahan tersebut, dan berkomitmen menjaga kondusifitas siskamtibmas wilayahnya. Sehingga Pilkada serentak 2024 berlangsung aman dan lancar.

Sumber : timesindonesia.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono