Berita  

HAN ke-40 di Humbahas Dirayakan dengan Meriah dan Penuh Kegembiraan

Avatar photo

HUMBAHAS – Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024 diperingati dengan meriah di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (5/8/2024).

Peringatan HAN ini digelar di empat tempat yakni, panggung utama di pelataran, pendopo, lapangan depan Bappelitbangda dan ruang rapat sekretariat, Perkantoran Bukit Inspirasi, Kecamatan Doloksanggul.Bupati dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda menyampaikan, semakin baik kualitas anak maka semakin baik pula masa depan bangsa. Oleh karena itu, perlu perlindungan anak dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.

Tema HAN tahun 2024 ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan sub tema “Anak Berkarakter, Cerdas dan Kreatif”. Tema ini menjadi peringatan bagi seluruh elemen bangsa untuk berperang melawan tindakan kekerasan dan penelantaran terhadap anak. Sementara dengan subtema memastikan anak Indonesia untuk menjadi anak yang berkarakter, cerdas dan kreatif di masa yang akan datang.

Melalui peringatan ini dipesankan pentingnya pendidikan karakter bagi anak-anak. Dengan membina, menumbuhkan dan mengembangkan potensi anak usia dini secara optimal, maka anak akan memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pendidikan bagi anak usia dini merupakan suatu awal perjalanan untuk masa depannya. Ketika pendidikan berjalan dengan baik anak tersebut menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, maka dari itu pendidikan berhasil membuat anak tersebut menjadi pribadi yang berkarakter, cerdas dan kreatif.

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD sekaligus Ketua TP PKK Humbahas, Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor mengatakan, kualitas anak dan generasi muda sangat menentukan tingkat kemajuan bangsa. Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial.Dikatakannya, membangun karakter anak merupakan sebuah kewajiban berkelanjutan yang hasilnya akan terlihat dalam beberapa dekade mendatang.

TP PKK Humbahas, katanya, mengimbau semua stakeholder mengembangkan disiplin positif kepada anak, membantu anak meningkatkan keterampilan dan percaya diri, mengembangkan kontrol diri serta membimbing anak dalam mengambil keputusan yang baik.Dan kepada anak-anak dipesankan agar memanfaatkan waktu dengan baik dan benar, hormat kepada orang tua, cintai keluarga, tanah air dan bangsa dan di atas semua itu jangan lupa berdoa, bertaqwa kepada Tuhan.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan