Ketua MA Resmikan Universitas Islam Cordoba Banyuwangi dan Tawarkan Kerjasama Strategis

Avatar photo

Banyuwangi  – Universitas Islam (UI) Cordoba resmi berdiri. Soft launching kampus putih yang berlokasi di kompleks Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, itu dihadiri ketua Mahmakah Agung (MA) Prof Dr H Muhammad Syarifudin SH MH, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) H Abdullah Azwar Anas, Direktur Pendidikan Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI Prof Dr H Ahmad Zainul Hamdi, dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Dalam peluncuran kampus baru itu, juga hadir wakil Bupati Banyuwangi H Sugirah, ketua MUI Banyuwangi KH Muhaimin, para pengasuh pondok pesantren, dan pimpinan perguruan tinggi di tapal kuda.

“Banyuwangi ini memang beda, UI Cordoba ini juga beda, lahir di tengah santri, lahir di tengah pesantren,” cetus ketua MA Prof Dr H Muhammad Syarifudin SH MH.

Melihat lingkungan yang baik, Prof Syarifudin yakin UI Cordoba bisa berkembang dengan baik. Dari kampus ini, kedepan akan lahir ilmuwan dan pemimpin yang dekat dengan peradaban Islam. “Untuk kemajuan UI Cordoba, kami tawarkan kerjasajam,” katanya.

Menpan RB H Abdullah Azwar Anas dalam acara itu menyampaikan, saat ini identitas digital telah menyeluruh di semua lemba negara di Indonesia. Mereka dengan kreatif melakukan inovasi untuk peningkatan pelayanan.

“Semua layanan digital dan terkoneksi, ini bisa mempercepat pembangunan nasional mengatasi kemiskinan,” ujarnya.Anas yang juga pembina UI Cordoba Banyuwangi menyampaikan, kampus yang berada di pondok pesantrennya itu, akan menyiapkan sumber daya manudia (SDM) yang kreatif dan inovatif dengan menguasai teknologi digital. “Sekarang ini era digital,” cetusnya.

Soft launching UI Cordoba ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) berdirinya UI Cordoba oleh Direktur Diktis Kemenag RI Prof Dr H Ahmad Zainul Hamdi kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan H Sukron Makmun Hidayat, dilanjutkan pengguntingan pita oleh Ketua MA Prof Dr H Muhammad Syarifudin SH MH, Menpan RB H Abdullah Azwar Anas, Direktur Diktis Kemenag RI Prof Dr H Ahmad Zainul Hamdi, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan dewan Pengasuh Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan KH Masykur.

Selain itu, juga pembukaan papan nama UI Cordoba oleh Ketua MA Prof Dr H Muhammad Syarifudin SH MH. Dalam acara itu, mereja juga meninjau fasilitas seperti Laburatorium Multimedia, ruang podcast, aula, ruang dosen, dan lainnya. “Fasilitasnya luar biasa, bagus dan lengkap,” puji Direktur Diktis Kemenag RI Prof Dr H Ahmad Zainul Hamdi.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono