Ancaman Kemarau: Kebakaran Lahan di Pinggir Tol Pejagan-Pemalang Bisa Terjadi

Avatar photo

Brebes – Memasuki musim kemarau, lahan persawahan di sepanjang ruas tol Pejagan-Pemalang kerap terbakar. Pihak Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) memberikan tips agar pengendara terhindar kecelakaan akibat asap yang menutupi jalan.

Teranyar, kebakaran terjadi pada Senin (5/8/2024) siang tadi di Tol Pejagan-Pemalang Km 267. Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sujadi mengatakan lokasi kebakaran lahan yang terjadi tidak jauh dari tol gate Brebes Timur (Brexit).

“Kami dari tim Damkar Brebes yang mendapatkan laporan adanya kebakaran alang-alang di dekat jalan tol, langsung menerjunkan petugas ke lokasi kejadian,” kata Sujadi.

Tim Damkar, ungkap Sujadi, menerjunkan satu armada mobil damkar untuk menjinakkan kobaran api, termasuk dengan melakukan pendinginan. Tujuannya agar tidak ada sisa bara api yang tertinggal.

“Kami mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran sisa jerami atau sejenisnya di dekat jalan tol. Termasuk bagi pengguna jalan untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok. Apalagi ini musim kemarau di mana lahan mengering dan rawan terbakar,” imbaunya.

Kebakaran lahan kering di areal persawahan di pinggir ruas tol menjadi momok bagi pengendara tol. Kepulan asap tebal bahkan pernah menyebabkan terjadinya kecelakaan beruntun seperti yang terjadi pada 19 September 2022.

Terpisah, Kepala Cabang Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Ian Dwinanto membagi tips bagi pengendara agar terhindar kecelakaan saat menemui kepulan asap di tol.

Tips berkendara di tol saat mendapati jalur yang tertutup asap atau kabut tebal akibat kebakaran lahan:

Jaga Pandangan
Pastikan pandangan tetap fokus pada jalur yang sedang dilalui, hindari menoleh kanan dan kiri
⁠Tetap pada jalur yang dilintasi
Jangan sekali-kali pindah jalur dan atau mendahului kendaraan yang ada di depan
⁠Kurangi kecepatan
Kurangi kecepatan saat melintasi daerah dengan jarak pandang terbatas untuk menghindari tabrak belakang
⁠Minimalkan gangguan/noise
Fokus berkendara dan tidak melakukan aktifitas lain seperti bermain handphone, memutar musik atau membuat gaduh saat mengemudi
⁠Gunakan lampu kabut
Lampu sorot ini adalah opsi untuk membantu pengendara agar dapat melihat jalan di depan supaya lebih berhati hati saat melintas di daerah dengan jarak pandang terbatas/tertutup asap

“Hati-hati saat kemarau, rawan kebakaran lahan pinggir tol. Ikuti tips di atas agar terhindar kecelakaan,” kata Ian Dwinanto.

sumber: detikjateng

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo