Pembukaan Etape ke-2 Tour de Banyuwangi Ijen 2024 oleh Forkopimda di Alas Purwo

Avatar photo

Banyuwangi – Event Balap sepeda Tour de Banyuwangi Ijen (TDBI) 2024 sudah mencapai Etape 2, yang start dari Pantai Pancur Taman Nasional Alas purwo dengan finish di Pemkab Banyuwangi. Dibuka langsung oleh Bupati beserta Fokopinda Banyuwangi. Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono ikut hadir dalam prosesi pembukaan Tour de Banyuwangi Ijen (TDBI) 2024, Selasa (23/7).

Bupati Banyuwangi mengucapkan terimakasih dan selamat bertanding kepada Para Pembalap yang akan Bertanding di Etape 2 Tour de Ijen Banyuwangi, “ saya ucapakan terimakasih kepada para hadirin semua dan saya ucapkan selamat bertanding kepada para peserta Lomba TDBI 2024 di etape 2 ini, tetap junjung sportivitas dan semoga selamat sampai garis finish,” ungkap Bupati Banyuwangi.

Diketahui bersama Tour de Ijen Banyuwangi ini adalah Salah satu ajang balap sepeda paling bergengsi ini sudah digelar mulai kemarin hingga hari Kamis mendatang (25/7). Sebagai informasi, Tour de Ijen merupakan agenda balap sepeda resmi organisasi balap sepeda dunia Union Cycliste Internationale (UCI) yang diadakan setiap tahun di Banyuwangi. Kapolresta Banyuwangi Menyampaikan “Kegiatan ini dipastikan berjalan lancar sampai etape terakhir hari Kamis mendatang,” ungkap Kapolresta Banyuwangi.

Adapun, event TDBI tahun ini akan melintasi jalur sepanjang total 632 kilometer (km) yang terbagi dalam empat etape. Dalam etape kedua hari ini, para pembalap akan melintasi jalur berikut ini:
Start diawali di Pantai Pancur Alas Purwo menuju ke arah Rowobendo melintasi Kutorejo hingga terus ke arah Pasar Anyar hingga Pondok Asem setelah itu melintasi Kedungasri lurus ke Persen hingga Sumber Kepuh.

Dilanjutkan ke desa Kedunggebang hingga Simpang 3 Dam Telu lurus ke arah desa Sumberberas melaju terus hingga Simpang 4 Tembokrejo lurus lagi kearah Palurejo hingga Sumbersewu.

Pembalap terus melintasi Kumendung hingga desa Bomo setelah itu Patoman setelah itu memasuki desa Blimbingsari belok kanan menuju Bandara Banyuwangi setelah itu Tegalwero tembus ke Kantor Pos Rogojampi setelah itu ke arah Lugjag menuju Singolatren hingga sampai desa Songgon menuju Sragi hingga sampai Gendoh menuju Temuguruh hingga Simpang 4 Karangsari.

Setelah itu pembalap melewatu Sempu – Simpang 3 Tegalarum – Stasiun
KA. Kalisetail – Sumberwadung – Wadung Dongkaran – Setail – Pasar Genteng – Simpang 3 Kembiritan – Tamanagung – Pasar Sraten – Simpang 3 Srono lurus menuju Mangir hingga Rogojampi lurus lagi menuju kecamatan Kabat hingga Patung Kuda di lintasan akhir pembalap memasuki JI. Adi Sucipto melintasi Simpang 3 Untag arah kebarat menuju JI. KH. Agus Salim hingga tembus JI.
Brawijaya melewati Cungking setelah itu belok kanan ke arah Simpang 5 dan melaju melewati JI. A. Yani hingga ke arah Finish di depan pemkap Banyuwangi.

Sebanyak 20 tim terdiri dari 100 pembalap dari dalam dan luar negeri akan berlaga TDBI 2024. Mereka akan mengikuti balapan yang akan melintasi 153,0 Kilometer (km) di etape 2 ini.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono