Tradisi Kebo-Keboan Alasmalang Memukau dengan Pengamanan Ketat Polresta

Avatar photo

Banyuwangi – Polresta Banyuwangi melaksanakan giat pengamanan Tradisi Kebo keboan di Desa Alasmalang, Kecamatan Singonjuruh, Banyuwangi.Minggu (21/07/2024) .

Desa Alasmalang menjadi pusat perhatian dengan digelarnya ritual adat Kebo-Keboan. Acara ini diadakan untuk menolak bala dan sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain:
– Asisten Umum Pemerintahan Pemkab Banyuwangi, Bapak Ustadi, yang mewakili Bupati Banyuwangi.
– Kabag Ren Polresta Banyuwangi, Kompol Sudarsono, S.H.
– Danramil Singonjuruh, Kapten Edi S, mewakili Dandim 0825 Banyuwangi.
– Letda Adi Wijaya dari Pos AL Blimbingsari, mewakili Danlanal Banyuwangi.
– Pejabat SKPD Kabupaten Banyuwangi dan Dewan Kesenian Kabupaten Banyuwangi.
– Dosen Universitas Prof. Nofi dari Jakarta, serta perwakilan mahasiswa dari Surabaya, Malang, dan Jember.
– Muspika Kecamatan Singonjuruh, para kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.
– Masyarakat Kecamatan Singonjuruh dan sekitarnya, termasuk dari Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Songgon, dan Kecamatan Kabat.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, diikuti oleh persembahan Tarian Segoro Tangi dan pembacaan doa. Ketua Panitia memberikan sambutan, diikuti oleh Bapak Ustadi yang menyampaikan pesan Bupati Banyuwangi. Bupati, dalam sambutan virtualnya, memberikan apresiasi kepada masyarakat Alasmalang yang terus melestarikan tradisi leluhur.

Puncak acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Bapak Ustadi, dilanjutkan dengan pembacaan ritual oleh tokoh adat dan sesi ramah tamah. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan penuh khidmat.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si yang diwakili oleh Kabag Ren Polresta Banyuwangi, Kompol Sudarsono, S.H., menyampaikan bahwa ritual ini selain sebagai bentuk syukur kepada Tuhan juga mempererat silaturahmi dan kebersamaan antar warga.

kapolsek Singojuruh AKP Arif mengatakan bahwa Kegiatan Tradisi Kebo Keboan ini dilakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup dengan melibatkan anggota TNI, Polresta , Polsek , Linmas dan juga kelompok masyarakat lainnya untuk menjamin kelancaran dan ketertiban Acara. Alhamdulilah acara berjalan dengan aman dan tertib.” Tandasnya

Tradisi Kebo-Keboan ini diharapkan terus dilestarikan sebagai warisan budaya yang menguatkan identitas dan kebersamaan masyarakat Banyuwangi.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono