Bakesbangpol Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pilkada Banyuwangi

Avatar photo

Banyuwangi – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banyuwangi intens menggelar pendidikan politik bagi kalangan pemilih pemula.

Kamis (18/7) sasarannya adalah para pelajar tingkat SMA/sederajat di kabupaten the Sunrise of Java.

Sekitar 200 pelajar yang masuk kategori pemilih pemula pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mengikuti kegiatan yang digelar di aula kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi tersebut.

Mereka dibekali pendidikan politik untuk ikut menyukseskan pesta demokrasi pada 27 November mendatang.

Kegiatan dengan tema ”Optimalisasi Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2024” itu dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bakesbangpol Banyuwangi R. Agus Mulyono.

Dua narasumber dihadirkan dalam kegiatan ini, yakni Febriyani Hilda Dinata dari unsur Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi dan pemerhati politik yang juga pengasuh Pondok Pesantren (PP) Adz Dzikra Banyuwangi Ir H Achmad Wahyudi.

Plt Kepala Bakesbangpol Banyuwangi R. Agus Mulyono menjelaskan bahwa pendidikan politik untuk pemilih pemula ini sangat penting demi menyukseskan pelaksanaan pilkada mendatang.

”Jadi, pendidikan politik ini untuk membekali para pelajar ikut serta dalam menentukan pemilih yang cerdas,” katanya.

Makanya, lanjut Agus, para pemilih pemula ini dibekali dengan pengetahuan apa yang harus dilakukan.

Sehingga, dalam pelaksanaan pilkada mendatang pemilih pemula tidak hanya datang ke tempat pemungutan suara (TPS) tetapi, sudah menentukan pilihan.

”Dengan pendidikan politik, pemilih pemula mengetahui dan memahami calon pemimpin yang dipilihnya,” jelasnya.

Dengan pendidikan politik yang diberikan, imbuh Agus, diharapkan mereka tidak hanya memilih, tetapi sudah mengetahui peranan sebagai pemilih pemula.

”Kita juga berharap partisipasi pemilih pemula semakin meningkat. Minimal 80 persen agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan sukses,” harapnya.

Agus menambahkan, penghargaan dan prestasi yang diperoleh Banyuwangi berkat peran semua pihak, termasuk para pelajar yang menjalankan fungsinya sebagai siswa maupun warga masyarakat dengan baik.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono