Juara Dunia Balap Sepeda Hadir di International Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Avatar photo

BANYUWANGI – Sejumlah pembalap juara dunia akan turun meramaikan gelaran kompetisi balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2024.

Ajang yang menjadi agenda resmi organisasi balap sepeda dunia UCI (Union Cycliste Internationale) tersebut, digelar selama empat hari, 22-25 Juli, dengan rute 632 kilometer.

“Tentu akan sangat menarik menyaksikan persaingan para pembalap dunia bertarung, menaklukkan track menantang di Banyuwangi,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Diikuti 20 tim dari dalam dan luar negeri, para tim menurunkan pembalap andalannya yang pernah memenangi ajang serupa di sejumlah negara.

Sebut saja Adne Van Engelen dari tim Roojai Insurance, Thailand, yang merupakan juara Tour of Thailand 2024.

Di tahun yang sama, dia juga berhasil menjuarai etape 2 Tour of Qinghai Lake 2024.

Sebelumnya atlet 31 tahun itu juga pernah meraih juara di Tour of Sharjah 2023, Tour of Serbie 2022, serta Tour of Egypt 2016.

Di ITdBI tahun ini, atlet asal Belanda itu merupakan salah satu pembalap yang difavoritkan menjadi juara.

Apalagi kini dia dilatih oleh Peter Pouly, yang merupakan pembalap mantan juara umum ITDBI 3 kali, pada 2016-2018.

“Van Engelen merupakan salah satu atlet yang diifavoritkan menjadi juara di ITdBI tahun ini. Dia dilatih oleh Peter Pouly, yang sudah berpengalaman di track ITdBI,” ujar Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, M Alfin Kurniawan.

Selain Van Engelen ada juga pembalap andalan Terengganu Cycling Team, Malaysia, Eyob Metkel yang bertengger di papan atas Tour of Turkiye juga akan berlaga di ajang ini.

Ada juga Jack Drage yang merupakan juara New Zealand National Road Race Championship 2021.

Di Tour de Ijen, atlet asal New Zealand tersebut memperkuat tim tuan rumah Banyuwangi Road Cycling Comunity (BRCC).

Selanjutnya ada Thomas Lebas dari Kinan Racing Team, Jepang. Atlet asal Perancis tersebut beberapa kali menjadi juara umum pada kompetisi balap sepeda internasional, seperti Tour de Indonesia 2019, Le Tour de Filipinas 2015, Tour de Hokkaido 2013, Tour International de Setif 2014, serta Tour de Flores 2017.

Selain itu ada juga pembalap-pembalap ternama seperti Edgar Nieto Nohales dari Victoria Sports Cycling Team, Filipina; Benjamin Prades Reverte dari VC Fukuoka, Jepang, dan lainnya.

“Selain juga ada pembalap Tim Nasional Indonesia yang turut meramaikan persaingan di kompetisi ini,” kata Alfin.

Seperti Aiman Cahyadi, pembalap andalan Timnas Indonesia itu memiliki segudang prestasi internasional, di antaranya juara nasional individual Time Trial Sea Games 2023.

Di tahun yang sama, dia juga berhasil merebut status sebagai King of the Mountains (KOM) dalam Tour of Sharjah. (*)

sumber : Surya.co.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono