Rakor Pengamanan Polresta Banyuwangi Jelang Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Avatar photo

Banyuwangi – Sebelum Gelaran Balapan Sepeda Tour De Banyuwangi Ijen 2024 Polresta Banyuwangi menggelar Rakor Pengamanan di gedung Rupatama yang dilaksanakan pada jumat (19/7/2024).

Kegiatan lomba balap sepeda ini, akan melintasi 4 etape dalam waktu 4 hari. Yang akan melintasi daerah pemukiman, persawahan, Perdesaan dan perkotaan dengan kondisi jalan yang datar, tanjakan dan turunan.

Balap sepeda ini akan menempuh 4 etape dengan kurun waktu dari Tanggal 22 Juli sampai dengan tanggal 25 Juli 2024 . Adapun setiap etapenya akan ditempuh dengan jarak yang berbeda. Dengan rincian sebagai berikut :
1. Etape 1 dengan start di Karangdoro Tegalsari dan finish di kantor Pemkab Banyuwangi dengan jarak tempuh 130,4 Km
2. Etape 2 dengan start Di Alas Purwo dan finish di kantor Pemkab Banyuwangi dengan jarak tempuh 147.8 Km.
3. Etape 3 dengan start Di Dusun Kakao Glenmore dan finish di kantor Pemkab Banyuwangi dengan jarak tempuh 166.8 Km.
4. Etape 4 dengan start Di Pantai Boom dan finish di Paltuding dengan jarak tempuh 162.8 Km.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si yang diwakili Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Dharmawan membuka Acara Rakor pengamanan dan menyampaikan Agar Kegiatan balapan Sepeda Tour De Banyuwangi Ijen 2024 merupakan kegiatan yang sudah pernah dilaksanakan dan agar kesiapan segala aspek penyelenggaraan acara tersebut dapat berjalan dengan lancar. “Ujarnya

Kegiatan rakor tersebut dihadiri oleh TNI AD, TNI AL , PJU Polresta, Forpimka, Stake holder dan panitia Penyelenggara balapan sepeda Tour De Banyuwangi Ijen.

Ketua Panitia Penyelenggara M Alfin Kurniawan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi menjelaskan, antusiasme tim-tim balap sepeda untuk mengikuti pagelaran Tour De Banyuwangj Ijen 2024 cukup tinggi. Sebanyak 42 tim menyampaikan keinginan untuk ikut dalam Tour De Banyuwangi Ijen tahun ini. Tapi kami pilih hanya 20 tim yang kami putuskan untuk ikut. Dari jumlah 20 tim yang berpartisipasi dalam Tour De Banyuwangi Ijen 2024, sebanyak 14 tim berasal dari delapan negara. Sementara sisanya enam tim berasal dari Indonesia.
“Sementara itu, enam tim lokal yang bakal turut serta dalam Tour De Banyuwangi Ijen 2024, yakni KGB, Nusantara, BRCC, Indonesia National Team, Pontianak Wijaya Racing Team (PWR),” pungkasnya.

Kabag Ops kompol Idham Khalid memaparkan kesiapan pengamanan kegiatan Balapan sepeda tersebut kepada para peserta yang hadir dalam rakor tersebut terkait tehnik dan tehnis pengamanan.
“Pengamanan yang kami lakukan melibatkan kodim, lanal, polresta, linmas, senkom mitra polri, serta beberapa kecamatan yang turut mendukung pengamanan acara Perlombaan Sepeda Tour De Banyuwangi Ijen 2024 ,” terang Kabagops.

Kasat Intelkam yang diwakili oleh KBO Ipda Samsul menyampaikan Paparan terkait informasi terkait gelaran balapan Sepeda tour De Banyuwangi Ijen 2024. Dan kegiatan rakor tersebut diisi saling bertanya jawab dari masing-masing peserta yang hadir dengan tujuan balapan sepeda tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Tour de Banyuwangi Ijen 2024 bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta bahwa daerah-daerah yang dilintasi memiliki potensi ekonomi yang bisa diangkat mulai dari UMKM hingga pariwisata.

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono