22.239 Pelanggar Terekam ETLE di Hari Keempat Ops Patuh Candi, Irjen Ahmad Luthfi Ingatkan Keselamatan

Avatar photo

SEMARANG – Kota Semarang-Polda Jateng| Dalam upaya meningkatkan keselamatan di jalan raya, Polda Jateng terus menggelar Operasi Patuh Candi 2024.

Hingga hari keempat pelaksanaan operasi, tercatat 22.389 pelanggaran lalu lintas terekam kamera ETLE, dengan 11.095 pelanggar diberikan teguran, jumat (19/07/2024).

Kasatgas Humas AKBP Eko Kurniawan menyatakan, “Data tersebut kami himpun selama Ops Patuh Candi 2024 Polda Jateng pada hari ke empat, Jumlah penindakan ETLE sebanyak 22.389 pelanggaran, turun 18 persen dibanding tahun 2023 pada hari yang sama dengan 27.406 pelanggar.”

Penurunan jumlah pelanggaran ini juga diikuti dengan penurunan kejadian kecelakaan lalu lintas. Pada pelaksanaan Ops Patuh tahun 2023 hingga hari keempat, terdapat 206 kejadian kecelakaan. Sementara itu, pada tahun 2024 hanya tercatat 130 kejadian, turun sebanyak 76 kasus.

Mayoritas pelanggar adalah pengendara roda dua, dengan jenis pelanggaran terbanyak adalah tidak menggunakan helm SNI.

“Sedangkan untuk pengemudi roda empat, pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan sabuk pengaman,” jelas AKBP Eko.

Ia juga mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk mendukung keberhasilan Operasi Patuh dengan mematuhi peraturan lalu lintas demi terciptanya keamanan dan keselamatan di jalan raya.

“Kami berharap bahwa dengan adanya kegiatan Ops Patuh Candi 2024, masyarakat dapat lebih memahami dan mematuhi peraturan lalu lintas. Sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalulintas sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan serta meningkatkan keselamatan di jalan raya,” tambahnya.

Sementara itu Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi turut memberikan himbauan kepada masyarakat.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk melihat pentingnya keselamatan di jalan raya sebagai bagian dari upaya kita untuk menjaga keselamatan diri dan orang-orang yang kita cintai”

“ Setiap tindakan kita di jalan memiliki dampak besar, tidak hanya bagi kita sendiri tetapi juga bagi keluarga kita. Mari kita saling menghormati dan menjaga sesama pengguna jalan, dengan begitu kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih aman dan harmonis ” tambah nya

” Jadikan keselamatan berlalu lintas sebagai bentuk kasih sayang kita kepada sesama,” pungkas Kapolda dengan penuh kepedulian.

Dengan adanya Operasi Patuh Candi 2024 ini, diharapkan masyarakat Jawa Tengah semakin sadar akan pentingnya keselamatan berkendara. Mari bersama-sama kita wujudkan jalan raya yang aman dan nyaman bagi semua. (*)

sumber : TribunJateng.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia