Pembalap Mancanegara Coba Trek Banyuwangi untuk Tour de Ijen

Avatar photo

BANYUWANGI – Para pembalap sepeda dari berbagai tim mancanegara yang akan berlaga dalam International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) sudah tiba di Banyuwangi, Rabu (17/7/2024). Mereka datang lebih awal untuk mencoba rute dan track ajang balap sepeda yang menjadi agenda UCI tersebut.

Salah satunya pembalap asing yang sudah tiba untuk menjajal track ITdBI, pembalap Ccachex PAR Team dari Australia.

Selain itu, juga ada pembalap asal New Zealand, Drage Jack Tane Bailey yang bermain untuk tim Banyuwangi, BRCC. Pembalap berusia 22 tahun tersebut juga telah intens berlatih di track Ijen yang terkenal menantang dan sulit ditaklukkan.

“Sudah ada beberapa pembalap dari luar negeri yang sudah datang lebih awal untuk mencoba track. Besok beberapa pembalap juga akan tiba untuk melakukan hal yang sama,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi M Alfin Kurniawan, Rabu (17/7/2024).

Dijadwalkan pembalap-pembalap dari 7Eleven Philippines Continental Cycling Team dari Filipina dan Pontianak Wijaya Racing Team asal Indonesia, akan tiba Kamis, (18/7/2024).

Menyusul kemudian pembalap dari Trengganu Cycling Team asal Malaysia akan tiba pada Jumat (19/7/2024).

“Tim-tim lain akan tiba pada tanggal 20 Juli. Nantinya pada 21 Juli, seluruh perwakilan tim akan mengikuti technical meeting,” sambungnya.

Alfin menjelaskan, panitia ITdBI akan memfasilitasi kedatangan para pembalap team yang tiba melalui Bandara Banyuwangi. Pihaknya juga telah menyediakan tempat menginap bagi para pembalap yang berlaga dalam ajang yang masuk dalam agenda balap sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) itu.

“Kalau untuk jalur, bisa dibilang sudah clear. Tinggal beberapa ruas yang sedang dalam tahap pembersihan,” katanya.

ITdBI tahun ini akan diikuti 20 tim dari dalam dan luar negeri. Balapan akan digelar dalam empat etape yang berlangsung pada 22-25 Juli mendatang.

Para pembalap akan beradu cepat melintasi jalur sepanjang total 632 kilometer (km) dengan rute yang berbeda dengan ITdBI sebelum-sebelumnya.

Rute kali ini, yakni etape satu rute Tegalsari – Kantor Pemkab Banyuwangi, etape dua Alas Purwo – Kantor Pemkab Banyuwangi, etape tiga Dusun Kakao – Kantor Pemkab Banyuwangi, dan etape terakhir Pantai Boom – Paltuding, Ijen.

“Malam sebelum bertanding mereka akan mengikuti jamuan perkenalan tim yang dihadiri Bupati Ipuk Fiestiandani,” kata Alfin.

Sumber : jatim-timur.tribunnews.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono