Polresta Banyuwangi Siapkan Operasi Mantap Praja Semeru untuk Pengamanan Pilkada 2024

Avatar photo

BANYUWANGI – Pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 terus disiapkan. Untuk mematangkan persiapan tersebut, Polresta Banyuwangi mengikuti training of trainer (TOT) Operasi Kepolisian Kewilayahan Mantap Praja Semeru 2024 di Surabaya Minggu (14/7).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan personel kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Jatim selama Pilkada 2024. Fokus utamanya adalah menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif.

Kasat Samapta Polresta Banyuwangi Kompol Basori Alwi mengatakan, TOT Mantap Praja Semeru 2024 diisi berbagai sesi pelatihan dan simulasi. ”Termasuk strategi pengamanan, penanganan konflik, dan koordinasi lintas sektoral,”ujarnya.

Basori menjelaskan, dengan adanya pelatihan seperti ini seluruh personel kepolisian yang terlibat dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal. ”Kami pastinya akan menjaga stabilitas keamanan selama proses pilkada berlangsung,” sebutnya.

Sementara Karo Ops Polda Jatim Kombespol Puji Santoso menekankan pentingnya kesiapan dan profesionalisme seluruh personel kepolisian dalam menghadapi tahapan pilkada.

”Kami ingin memastikan bahwa seluruh rangkaian pilkada berjalan lancar tanpa gangguan sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan rasa aman dan nyaman,” tegasnya.

Menurut Puji, acara ini juga menjadi ajang untuk memperkuat sinergi antara kepolisian dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, penyelenggara pemilu, dan elemen masyarakat.

”Semua pihak diharapkan dapat berkolaborasi dalam menciptakan suasana pilkada yang tertib dan damai,” pungkasnya.

Sumber : radarbanyuwangi.jawapos.com

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono