Menyambut Satu Muharram, Satpolairud Banyuwangi Intensifkan Monitoring Nelayan

Avatar photo

BANYUWANGI – Dalam rangka menyambut dan merayakan 1 Muharram 1446 Hijriah, yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2024, Masyarakat Pesisir, dan Kelompok Nelayan Lampon Pesanggaran menggelar rasa ucapan syukur dengan menggelar kegiatan Larung sesaji diwilayah pesisir pantai Lampon. Minggu (7/7/2024).

Kapolresta Banyuwangi Kombes Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Polairud Polresta Banyuwangi AKP. I Nyoman Ardita, S.H., M.H., mengatakan dalam rangka menghadiri undangan kelompok nelayan menyambut 1 Muharram 1446 Hijriah yang diselenggarakan di kampung pesisir Pantai Lampon Pesanggaran Banyuwangi.

Adapun rangkaian acara Petik laut yg jatuh pada 1 Muharram 1446 yang diadakan oleh panitia terdiri dari pagelaran wayang, santunan anak yatim, penyematan anting dan pancing emas dan pelarungan sesaji di tengah laut,” ucap AKP I Nyoman Ardita dari keterangan Panitia Penyelenggaraan.

“Segala Puja dan Puji Syukur atas Kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, Pada tahun ini kita masih diberikan kesempatan dalam menyambut bulan Muharram dengan penuh suka cita. Mudah-mudahan amal, ibadah, dan perbuatan kita dalam peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah menjadi ladang ibadah kita, kebaikan untuk seluruh elemen masyarakat Banyuwangi,” katanya.

Jadikan peringatan Petik Laut 1 Muharram 1446 H ini sebagai tempat mengintrospeksi diri serta refleksi diri menjadi insan yang lebih baik. Maka dari itu kita selalu diingatkan untuk selalu memiliki kesadaran waktu dan kesadaran sejarah, bahwa waktu terus berjalan mengikutinya perkembangan jaman, sedang kehidupan manusia berada di lorong waktu yang terbatas.

Maka dari itu, kita mengajak semua pihak generasi muda untuk melakukan berbagai aktivitas yang erat kaitannya dengan peningkatan diri, keimanan dan ketaqwaan sebagai wujud transformasi diri ke arah yang lebih dan bermakna, serta lebih bermanfaat, baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara,” tambahnya.

Saya Kasat Polairud Polresta Banyuwangi mewakili Kapolres Banyuwangi beserta keluarga besar Satpolairud mengucapkan Selamat merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah, semoga pada tahun baru 1446 Hijriah kita sebagai umat mendapatkan perlindungan dari Tuhan YME serta Rejeki serta tangkapan ikan yg berlimpah dengan menguatkan iman dan ketaqwaan kita tetap berada di jalan yang benar semoga kita selalu mendapat perlindungan-Nya,” Ucapnya.

Dalam kegiatan Peringatan Petik laut 1 Muharram 1446 H, turut hadir Komandan Puslatpur Lampon beserta anggota, perwakilan dari Forkominda, Forkominka, Toga, Tomas, Toda, Pokyan, Kasat Polairud beserta anggota, elemen masyarakat, dan perwakilan dari pengusaha setempat.

Disela-sela kegiatan berlangsung, Kasat Polairud menyampaikan pesan-pesan kepada kelompok nelayan dan masyarakat yang hadir dalam perayaan 1 Muharram pentingnya menjaga situasi harkamtibmas dan tidak mudah percaya terhadap isu-isu maupun pemberitaan yang belum tentu kebenarannya yang dapat menyebabkan pelanggaran hukum.

Sumber : suaraglobal.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono